Minggu, 02 Januari 2011

BEIJING | SURYA Online - China tak pernah main-main dalam membangun ekonominya. Ini ditunjukkan dengan selesainya pembangunan jembatan laut terpanjang, yaitu 42,52 km. Jembatan ini lebih panjang dari pemegang rekor sebelumnya, Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, yaitu 38,442 km.
Jembatan Qingdao-Haiwan yang tuntas pembangunannya awal pekan ini menghubungkan kawasan urban utama Kota Qingdao di Provinsi Shandong dengan distrik Huangdao yang membentang di sepanjang kawasan Pantai Jiaozhou. Jembatan dengan tiga jurusan ini menghemat jarak hingga 30 km dan waktu hingga 20 menit dari Qingdao menuju Huangdao.
Jembatan yang membutuhkan waktu empat tahun pembangunan dan ongkos sekitar Rp 77,2 triliun itu mulai dioperasikan tepat 1 Januari 2011. Dua kelompok pekerja membangun jembatan ini dari ujung yang berbeda sejak 2006. Mereka sangat lega, ketika jembatan itu benar-benar tersambung pada 22 Desember 2010.
“Model komputer dan segala perhitungannya sudah sangat baik, tetapi tentunya Anda tidak bisa benar-benar bersantai sebelum keduanya benar-benar tersambung. Bahkan, meleset beberapa sentimeter pun sudah sama dengan bencana,” kata salah satu insinyur dalam pembangunan jembatan itu.
Di sinilah kesungguhan pemerintah China dalam membangun infrastruktur yang ‘wah’. Rekor terpanjang hanya akan dipegang jembatan ini selama 5 tahun, karena bakal dipecahkan jembatan lain di China pada 1016.
Desember lalu, sejumlah pejabat telah mengumumkan bahwa para ahli konstruksi sudah memulai pembangunan sebuah jembatan yang menghubungkan Provinsi Guangdong dengan Hongkong dan Macau. Jembatan itu akan membentang sepanjang 50 km dan membutuhkan ongkos Rp 92 triliun.
“Melalui sebuah jaringan transportasi yang cocok dan mudah dicapai, layanan jasa finansial, turisme, perdagangan, logistik dan profesional Hongkong akan menjadi lebih terintegrasi dengan Pearl River Delta dan wilayah sekitarnya,” kata Donald Tsang, Chief Executive Hongkong.
Jembatan itu akan dibuat menjadi enam jalur yang mampu menahan gempa sekuat 8,0 skala Richter sekalipun. Jembatan itu juga dijanjikan bergeming meski ditabrak kapal berbobot 300.000 ton, kata Zhu Yongling, salah satu pejabat yang memimpin proyek itu.
Namun tetap saja, kedua jembatan di atas tetap bakal terlihat kerdil begitu disandingkan dengan Jembatan Besar Danyang-Kushan, tentu saja di China juga, yang panjangnya 164 km. Jembatan ini merupakan jalur kereta api yang melintas di atas danau Yangcheng.
Melihat catatan rekor itu, mestinya sangat mudah bagi para insinyur China untuk membangun Jembatan Suramadu yang ‘hanya’ sepanjang 5,438 km.
Dibaca: 208
  • Sumber : DailyMail.co.uk
  • Penulis : Adi Sasono
  • Editor : Adi Sasono

0 komentar:


MI INSTAN INDONESIA AMAN DI KONSUMSI

-Meskipun ditolak oleh Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan
-Mengandung methyl p-hidroxybenzoat
-Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dinyatakan AMAN


AGNES MONICA PAMER UDEL
Bukan Agnes Monica jika tak mampu membuat fansnya panas dingin menyaksikan aksi panggungnya. Dan pertunjukan spesial yang digeber di Boshe VVIP Club Jogjakarta, Jumat (17/12/2010) dini hari itu pun jadi heboh oleh gayanya yang atraktif. Atmosfer tempat hiburan terkemuka di Jogja itu semakin 'panas' saat Agnes dengan gaya sensualnya mengangkat kaus tanktop warna putih yang ia kenakan sehingga memamerkan 'UDEL' nya yang bertindik.
tribun/pra/surya


BE'OL (KEAT HIS OUT)
DI STASIUN SINGAPURA
Sudah menjadi rahasia umum, Singapura sebagai salah satu ibukota negara yang bersih di dunia itu warganya malah sulit menemukan toilet umum di sejumlah stasiun kereta api. Kalaupun stasiun itu menyediakan toilet, kebanyakan letaknya cukup jauh dari areal pintu putar dimana penumpang masuk kedalam stasiun.
Alkisah, ada salah seorang penumpang kereta yang tidak dapat menahan gejolak dalam perutnya. Sedangkan ia kesulitan menemukan toilet. Buru-buru pria itu mencari sudut stasiun yang dianggap sunyi. Dan, tiba-tiba ia menurunkan celana+celana dalamnya nya dan dengan santainya ia ndoprok, be'ol dengan punggung menempul pada dinding taman stasiun, wah wah.surya/asia/ton.


DIASUH OLEH PAKAR SAXOUPHONE TERNAMA:
DOKTER BOYMENG
(doDOKu gemeTER BOYokku KEmeng)

RINGKASAN BERITA

Postingan Populer